Komisi Gratis | Bisnis Online Tanpa Modal

Mozaik Sampah Plastik

Posted by Bluesavana On Minggu, 26 Mei 2013 0 komentar

Pemanfaatan sampah plastik selama ini masih belum maksimal. Sampah plastik hanya diolah menjadi produk yang monoton dan tidak ada variasi, seperti ember, tempat tabungan, dan piring plastik yang proses pembuatannya melibatkan bahan kimia berbahaya. Oleh karena itu, perlu adanya upaya pemanfaatan sampah plastik yang lebih inovatif dan ramah lingkungan. Salah satunya dengan membuatnya sebagai bahan baku pembuatan kerajinan mozaik.
Kerajinan mozaik plastik digunakan sebagai media pengganti pembuatan kerajinan mozaik keramik atau kaca. Produk mozaik dari sampah plastik memiliki inovasi baru daripada kerajinan mozaik yang ada selama ini berada di pasaran yang mana biasanya berbahan baku kaca atau keramik. Bahan sampah plastik dipilih karena sifatnya yang tahan lama, ketersediaannya melimpah, murah, mudah dibentuk, dan memiliki karakteristik efek pencahayaan yang mirip dengan kaca atau keramik. Dengan bahan baku yang murah ini menjadikan mozaik sampah plastik memiliki harga yang lebih murah daripada yang terbuat dari kaca atau keramik.
Kerajinan mozaik sampah plastik ini selain dapat memanfaatkan sampah plastik menjadi barang yang menambah nilai ekonomis dan digunakan oleh masyarakat sebagai peluang usaha kerajinan, tetapi juga dapat membantu dalam menanggulangi pencemaran lingkungan.
Proses pembuatan mozaik sampah plastik diperlukan alat-alat seperti:
Gunting dan cutter untuk memotong, pensil untuk menggambar sketsa, kuas, karbon untuk membuat pola dan menggandakan pola, penggaris. Adapun bahan yang digunakan adalah berbagai sampah plastik, kertas manila, lem super, cat poster, media penempelan seperti triplek, tempat tissue, kertas karton, serta media penempelan lainnya.
Secara umum proses pembuatan kerajinan mozaik dengan bahan baku sampah plastik adalah sebagai berikut:
Proses pembuatan mozaik sampah plastik yaitu dengan menyortir sampah plastik, membersihkan sampah plastik, memotong-motong sampah plastik sesuai dengan pola yang diinginkan, menggambar pola di media, menempelkan sampah plastik sesuai dengan pola, dan finishing
Selama ini kebanyakan daur ulang atau pemanfaatan kembali sampah plastik selalu identik dengan pengolahan yang menggunakan zat-zat kimia industri dan menimbulkan dampak negatif pada lingkungan. Limbah-limbah yang dihasilkan dari proses daur ulang dengan menggunakan zat kimia akan mencemari tanah, air, dan lingkungan sekitar lainnya.
Jika dibakar, sampah plastik akan menghasilkan asap beracun yang berbahaya bagi kesehatan yaitu jika proses pembakaranya tidak sempurna, plastik akan mengurai di udara sebagai dioksin. Senyawa ini sangat berbahaya bila terhirup manusia. Dampaknya antara lain memicu penyakit kanker, hepatitis, pembengkakan hati, gangguan sistem saraf dan memicu depresi.
Kantong plastik juga penyebab banjir, karena menyumbat saluran-saluran air, tanggul. Sehingga mengakibatkan banjir bahkan yang terparah merusak turbin waduk.
Akan tetapi, dalam program ini kami mengolah limbah plastik menjadi suatu produk yang lebih bernilai guna tanpa melibatkan bahan kimia berbahaya. Kami memanfaatkan limbah plastik untuk digunakan sebagai bahan baku pembuatan kerajinan mozaik. Pembuatan kerajinan mozaik sampah plastik sama sekali tidak menimbulkan pencemaran lingkungan karena pembuatan kerajinan ini beproses secara mekanis tanpa menggunakan bahan kimia berbahaya. Selain menambah nilai jual dari sampah plastik, program ini juga berpotensi sebagai peluang usaha yang mampu membuka lapangan kerja serta dapat menyelamatkan linkungan dari sampah plastik yang terus menumpuk. Sehingga program kami merupakan program pemanfaatan kembali sampah-sampah plastik tanpa mencemari/merusak lingkungan (ramah lingkungan).
Kerajinan mozaik sampah plastik memiliki kualitas yang baik. Hal tersebut diindikasikan dari aspek, pertama jika dibandingkan dengan kerajinan mozaik berbahan baku keramik atau pecahan kaca, mozaik sampah plastik bahan bakunya lebih mudah didapatkan dan awet (tidak mudah rusak) jika didukung dengan perawatan yang baik. Dilihat dari bahan bakunya, produk kerajinan mozaik sampah plastik ini harganya akan lebih murah jika dibandingkan dengan produk kerajinan mozaik yang telah ada. Kedua, mozaik sampah plastik memiliki daya tarik yang tinggi, hal tersebut terlihat dari 90% responden yang mengatakan tertarik dengan mozaik sampah plastik dan 100% responden mengatakan setuju untuk dikembangkan. Ketiga, keawetan produk kerajinan mozaik sampah plastik ini bisa bertahan dalam jangka waktu yang lama. Hal ini dikarenakan plastik merupakan bahan yang tidak mudah terurai sehingga plastik bisa bertahan dalam waktu yang sangat lama. Plastik merupakan bahan yang lentur dan tidak mudah pecah sehingga membuat kerajinan mozaik sampah plastik ini kuat. Pada produk berupa hiasan dinding dapat diperindah dengan memasang bingkai sebagai. Bingkai juga dapat difungsikan sebagai pelindung agar tempelan potongan plastik tidak mudah lepas karena sentuhan tangan. Keempat, mozaik sampah adalah produk yang ramah lingkungan karena sama sekali tidak menggunakan bahan kimia berbahaya, bahkan mampu mengurangi pencemaran karena mengurangi volume sampah plastik.
Berikut adalah berbagai produk kerajinan mozaik sampah plastik yang dihasilkan :
Hiasan Dinding Mozaik Sampah Plastik Motif Ukir
Hiasan Dinding Mozaik Sampah Plastik “Sang Bangau”
Hiasan Dinding Mozaik Sampah Plastik “The Exotic Flower
Hiasan Dinding Mozaik Sampah Plastik “Kaligrafi Allah”
Vas Bunga Mozaik Sampah Plastik
Tempat Tisu Mozaik Sampah Plastik
Tempat Tisu Mozaik Sampah Plastik “Lucu”
Tempat Telur Mozaik Sampah Plastik


0 komentar:

Posting Komentar