Kompor Dari Serbuk Gergaji

Posted by Bluesavana On Jumat, 26 April 2013 0 komentar


Energi krisis


Pada saat pemerintah menurunkan harga bahan bakar minyak (BBM) dan konversi minyak tanah tanah ke elpiji rakyat banyak kesulitan dalam mendapat kan bahan energi tersebut baik elpiji maupun bahan bakar minyak , kalau cuma seribu alasan yang disampaikan terus rakyat tidak akan merasakan dari hasil bumi tersebut. Ada banyak alternatif lain yang di buat ada yang memakai kayu bakar, arang,batu bara panas bumi dan lain sebagainya.



Serbuk gergaji bahan bahan alternatif

ini ada masukan untuk membuat bahan bakar baru pada saat krisis sekarang. kita bisa mempergunakan limbah dari sisa pengolahan kayu.(serbuk gergaji).kalau lingkungan anda berada pada daerah pengolahn kayu ada baik nya limbah nya ini di pergunakan dengan sebaik nya.
untuk langkah pertama kita dapat mengumpulkan serbuk gergaji yang di gunakan sebagai bahan utama.selanjut nya serbuk gergaji itu kita jemur supaya hasil pembakarannya maksimal.

Proses Persiapan

menunggu serbuk gergaji di keringkan kita dapat membuat kompornya dari bahan limbah juga, kita pergunakan bahan limbah dari kaleng cat atau kaleng bekas tergantung dari yang kita butuhkan. Ada beberapa ukuran yang standar ada kaleng cat 5kg ada juga yang 25kg, itu untuk standar yang bagus di gunakan tergantung juga keperluan kita masing-masing. Lanjutnya kita telah mendaptkan kaleng bekas cat kita ambil saja kaleng cat 5kg yang kita gunakan, kaleng di bersihkan dari sisa-sisa cat lalu pada bagian samping kaleng yang bawah kita potong berbentuk segi empat sama sisi sekitar 10 cm x 10 cm.yYang digunakan sebagai penyulut api nya kita gunakan bisa kertas,atau kayu bakar.

Pemakaian

Setelah selesai pada pembuatan kompornya kita bisa mengunakan kompor bahan bakar dari serbuk gergaji ini.pertama kita letakan media untuk pembuat rongga pada kompor kita gunakan botol sirup atau bambu diameter kurang lebih 5cm,letaka di tenggah-tenggah dalam kaleng cat, lalu kita isi serbuk gergaji hingga pebuhi kaleng cat serta padat.(kalau tidak padat akan cepat habis dan runtuh serbuk gergajinya) setelah penuh dan padat media botol atau bambu yang di letakan dalam kaleng harus di keleurkan pelan-pelan jangan sampai serbuk gergajinya runtuh.
setelah selesai kita dapat menggunakan kompor ini untuk keperluan memasak .
bahan baku lainnya dapat juga berupa sekam padi, abu gosok. tetapi masih bagus menggunakan serbuk gergaji selamat mencoba.
semoga kita bisa mencari energi alternatif lainnya tanpa putus asa.dan bisa untuk kemajuan bangsa ini.

Save Our Earth

0 komentar:

Poskan Komentar